USAHA KEDAI RARA 165 MILIK KELUARGA SAYA


Usaha Makanan Kedai RARA 165 di Pasar Minggu Jakarta Selatan
                                          Abstrak
Semakin berkembangnya dunia kuliner dan perubahan pola hidup manusia menyebabkan kebutuhan manusia selalu bertambah dan berubah, terutama kebutuhan primer yang salah satunya adalah makanan. Industri makanan sangat berkembang dan mulai bervariasi mulai dari harga, daerah asal dan jenisnya. Dari hal itu, persaingan bisnis di bidang kuliner sangat ketat dan memengaruhi industri makanan mulai dari produsen hingga konsumennya. Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis yang tepat menggunakan analisa sumber daya dan peluang, tentang rencana pengembangan bisnis. Penelitian menggunakan data dari objek penelitian dan dari pencarian informasi yang diperoleh melalui wawancara dan
dokumentasi. Diikuti data, penyajian data, dan diakhiri verifikasi data. Analisa yang dilakukan yaitu terhadap aspek produk, aspek pemasaran, aspek teknis dan tyeknologi, aspek legal/hukum, aspek finansial, aspek lingkungan yang dijadikan objek penelitian.
Kata Kunci— Strategi pengembangan bisnis, , rencana bisnis, SWOT.
I.                   Pendahuluan
LATAR BELAKANG
Bisnis adalah sebuah kata yang sering didengar oleh masyarakat, yang berarti sebuah kegiatan pertukaran antara uang dengan barang demi memenuhi kebutuhan satu sama lain . Memiliki bisnis sendiri merupakan impian mayoritas orang, sebuah kepuasan tersendiri bila memiliki sebuah bisnis yang sudah berjalan baik dan memberikan penghasilan rutin setiap bulannya. Menurut Griffin & Ebert (2013), pengertian luas dari bisnis adalah semua aktivitas dan intuisi memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan pengertian sempit dari bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan mendapat keuntungan. Jadi, bisnis merupakan semua aktivitas memproduksi barang dan jasa yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Dalam menjalankan bisnisnya, seseorang maupun sebuah perusahaan perlu mencari tahu bagaimana perubahan kebutuhan di lingkungan sekitarnya tersebut agar bisnis yang dijalankan tetap bisa bersaing, terutama di bidang kuliner. Kedai RARA 165 yang bergerak dibiidang kuliner baru akan berusaha mengembangkan usaha nya setelah kurang lebih 3 bulan menjalankan usahanya dan merasa perlu dilakukan pengembangan lagi dari segi produk, pengembangan produk, analisa pasar maupun pemberian harga.
TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Menjelaskan tentang seluruh aktivitas dan kegiatan yang ada di kedai RARA 165 dengan keadaan actual.
2.      Menjelaskan langkah-langkah apa yang akan diambil dalam mengembangkan usaha ini.
3.      Mengetahui pengembangan seperti apa yang tepat untuk diterapkan di kedai rara 165 ini.
II.                HASIL DAN PEMBAHASAN
Yang melatarbelakangi awal mulanya pendirian usaha kedai RARA 165 adalah karena melihat pasar di daerah Jakarta Selatan ini belum ada tempat makan yang menjual makanan khas Bangka Belitung terutama di daerah Pasar Minggu. Usaha kuliner ini sebenarnya sudah dimulai dari akhir tahun 2018 namun masih dalam konsep dan tempat yang apa adanya. Seiring berjalannya waktu, sang pemilik kedai mempunyai ide untuk membesarka dan mengembangkan usaha nya dengan memperhatikan berbagai aspek.
1.      Aspek Produk
*Produk utama yang dijual di kedai ini adalah makanan khas Belitung yaitu
-Mie Belitung yaitu mie dengan komposisi kuah dengan bumbu khas dan rahasia lalu dicampur dengan potongan bakwan, tauge, kangkung dan emping. Dengan harga 12 ribu- 20 ribu.
-Soto Belitung yaitu soto yang dimakan menggunakan ketupat dengan campuran kuah dengan bumbu khas dan dengan campuran daging, wortel, kol dan bihun. Dengan harga 12 ribu.
-Kinca durian yaitu campuran kuah durian yang kemudian dimakan menggunakan ketan putih maupun roti dan di sajikan dalam keadaan dingin. Dengan harga 15 ribu.
*Analisis SWOT
Analisis SWOT di sini merupakan bagian dari analisa lingkungan internal yang dapat digunakan untuk menyusun strategi yang tepat. Berikut ini tabel analisis SWOT .
SWOT
Kedai RARA 165
S
Tidak menggunakan zat adiktif, Harga terjangkau, Belum ada pesaing yang menjual menu dengan jenis sama di daerah tersebut, cita rasa khas, sudah ada SOP produksi.
W
Sulit untuk mengenalkan produk tersebut, Lahan parkir kurang luas, SDM masih terlalu sedikit.
O
Dekat dengan lapangan tenis,lapangan bola, masjid dan gereja serta kantor litbang pertanian sehingga sering mendapatkan pesanan terutama dari masjid, gereja dan kantor litbang pertanian.
T
Kompetitor saat sore hingga malam mulai banyak walaupun menjual produk berbeda, harga sewa lapak yang suatu saat bisa naik.
Tabel 3.1 Analisis SWOT
2.      Aspek Pemasaran
Target pasar dari kedai RARA 165 ini sendiri adalah untuk wilayah Pasar Minggu Jakarta Selatan termasuk untuk pengantaran orderan atau pesanan. Kedai RARA 165 ini menerima pesanan biasanya dari masjid, acara pengajian, gereja, dan acara kantor. Pesaing utama dari kedai ini adalah warung makan pecel ayam dan tongseng disekitar kedai tersebut yang buka saat sore hingga malam hari.
Dalam mempromosikan produk dan kedainya, sang pemilik menempuh beberapa langkah yaitu dengan:
1.      Melalui sosial media yaitu instagram dengan username @kedairara165
2.      Melalui bagi-bagi nasi jumat gratis yang bisa diambil setiap habis sholat jumat bebas untuk siapa saja.
3.      Mencari relasi-relasi di setiap komunitas dan organisasi yang berada di sekitar kedai tersebut supaya setiap ada acara bisa melakukan pemesanan.
4.      Membuat spanduk dan banner yang banyak dan berwarna cerah.
5.      Sedang dalam tahap pendaftaran ke gofood dan juga grabfood.
Dalam rencana mengembangkan usaha nya, sang pemilik juga terus melakukan  evaluasi terhadap SDM yang ada dan juga melakukan pembaharuan menu-menu tambahan yang ada seperti minuman dan juga cemilan.

3.      Aspek Teknik dan Teknologi
Apek teknik dan teknologi ini mencakup beberapa aspek, yaitu:
-Aspek lokasi
-Jenis mesin dan peralatan produksi
-Tata letak pabrik
Jenis mesin yang digunakan:
Terdapat beberapa mesin dan alat yang digunakan yaitu, mesin kasir untuk melakukan pembayaran  dan juga pendataan semua uang yang masuk dan keluar hari itu. Terdapat kulkas dan freezer juga yang digunakan untuk menyimpan bahan-bahan kinca durian dan juga bahan-bahan untuk minuman lainnya. Terdapat blender yang digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu yang diperlukan.
Tata Letak Kedai RARA 165
4.      Analisis Dampak Lingkungan
Kedai RARA 165 ini dalam kegiatan produksinya sehari-hari menghasilkan sampah sisa produksi yaitu seperti limbah air karena sisa pencucian bahan-bahan yang diperlukan, sisa potongan bahan yang diperlukan, dan juga sisa minyak goring dari hasil penggorengan bahan yang diperlukan dan juga produk tambahan lainnya. Sampah sisa makanan yang dihasilkan dalam sehari bisa mencapai 1 kantong besar trash bag. Dalam menanggulangi sampah keseluruhan hasil produksi, kedai RARA ini menanganinya dengan berlangganan petugas bersih-bersih daerah pasar minggu setiap harinya. Dengan sistem petugas sampah tersebut mengambil sampah yang ada setiap paginya. Jadi seluruh kegiatan produksi kedai RARA ini tidak ada yang merusak lingkungan sekitar.
Kesimpulan:
Kedai RARA 165 ini sudah melakukan berbagai cara untuk mengembangkan usahanya yaitu antara lain dengan melalui sosial media yaitu instagram dengan username @kedairara165, melalui bagi-bagi nasi jumat gratis yang bisa diambil setiap habis sholat jumat bebas untuk siapa saja, mencari relasi-relasi di setiap komunitas dan organisasi yang berada di sekitar kedai tersebut supaya setiap ada acara bisa melakukan pemesanan, membuat spanduk dan banner yang banyak dan berwarna cerah, sedang dalam tahap pendaftaran ke gofood dan juga grabfood. Pemilihan membuka usaha ini pun juga sudah jelas karena sang pemilik merasa perlu mengenalkan masakan tradisional khas Bangka Belitung dan juga memang karena belum ada yang menjual makanan seperti ini di daerah pasar minggu.
Saran:
Kedai RARA 165 ini sebaiknya lebih membuat kedainya memiliki kesan terbuka karena kondisi sekarang masih terdapat banyak sisi kedai yang tertutup oleh tembok, Sebaiknya para SDM yang ada menggunakan pakaian yang menarik dan juga seragam agar lebih menarik perhatian pelanggan yang mau datang






Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPAYA MENGATASI PELANGGARAN ETIKA PROFESI GURU