USAHA KEDAI RARA 165 MILIK KELUARGA SAYA
Usaha Makanan Kedai RARA 165 di Pasar Minggu Jakarta Selatan
Abstrak
Semakin berkembangnya
dunia kuliner dan perubahan pola hidup manusia menyebabkan kebutuhan manusia selalu
bertambah dan berubah, terutama kebutuhan primer yang salah satunya adalah
makanan. Industri makanan sangat berkembang dan mulai bervariasi mulai dari
harga, daerah asal dan jenisnya. Dari hal itu, persaingan bisnis di bidang
kuliner sangat ketat dan memengaruhi industri makanan mulai dari produsen
hingga konsumennya. Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi
pengembangan bisnis yang tepat menggunakan analisa sumber daya dan peluang, tentang
rencana pengembangan bisnis. Penelitian menggunakan data dari objek penelitian
dan dari pencarian informasi yang diperoleh melalui wawancara dan
dokumentasi. Diikuti data,
penyajian data, dan diakhiri verifikasi data. Analisa yang dilakukan yaitu
terhadap aspek produk, aspek pemasaran, aspek teknis dan tyeknologi, aspek
legal/hukum, aspek finansial, aspek lingkungan yang dijadikan objek penelitian.
Kata Kunci— Strategi pengembangan bisnis, , rencana
bisnis, SWOT.
I.
Pendahuluan
LATAR BELAKANG
Bisnis adalah sebuah kata yang sering
didengar oleh masyarakat, yang berarti sebuah kegiatan pertukaran antara uang
dengan barang demi memenuhi kebutuhan satu sama lain . Memiliki bisnis sendiri
merupakan impian mayoritas orang, sebuah kepuasan tersendiri bila memiliki
sebuah bisnis yang sudah berjalan baik dan memberikan penghasilan rutin setiap
bulannya. Menurut Griffin & Ebert (2013), pengertian luas dari bisnis
adalah semua aktivitas dan intuisi memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan
sehari-hari, sedangkan pengertian sempit dari bisnis adalah organisasi yang
menyediakan barang dan jasa yang bertujuan mendapat keuntungan. Jadi, bisnis
merupakan semua aktivitas memproduksi barang dan jasa yang bertujuan untuk
memperoleh keuntungan. Dalam menjalankan bisnisnya, seseorang maupun sebuah
perusahaan perlu mencari tahu bagaimana perubahan kebutuhan di lingkungan
sekitarnya tersebut agar bisnis yang dijalankan tetap bisa bersaing, terutama
di bidang kuliner. Kedai RARA 165 yang bergerak dibiidang kuliner baru akan
berusaha mengembangkan usaha nya setelah kurang lebih 3 bulan menjalankan
usahanya dan merasa perlu dilakukan pengembangan lagi dari segi produk,
pengembangan produk, analisa pasar maupun pemberian harga.
TUJUAN
PENULISAN
Adapun tujuan penulisan dalam penelitian
ini adalah sebagai berikut:
1.
Menjelaskan
tentang seluruh aktivitas dan kegiatan yang ada di kedai RARA 165 dengan
keadaan actual.
2.
Menjelaskan
langkah-langkah apa yang akan diambil dalam mengembangkan usaha ini.
3.
Mengetahui
pengembangan seperti apa yang tepat untuk diterapkan di kedai rara 165 ini.
II.
HASIL
DAN PEMBAHASAN
Yang
melatarbelakangi awal mulanya pendirian usaha kedai RARA 165 adalah karena
melihat pasar di daerah Jakarta Selatan ini belum ada tempat makan yang menjual
makanan khas Bangka Belitung terutama di daerah Pasar Minggu. Usaha kuliner ini
sebenarnya sudah dimulai dari akhir tahun 2018 namun masih dalam konsep dan
tempat yang apa adanya. Seiring berjalannya waktu, sang pemilik kedai mempunyai
ide untuk membesarka dan mengembangkan usaha nya dengan memperhatikan berbagai
aspek.
1. Aspek
Produk
*Produk utama yang
dijual di kedai ini adalah makanan khas Belitung yaitu
-Mie Belitung yaitu mie
dengan komposisi kuah dengan bumbu khas dan rahasia lalu dicampur dengan
potongan bakwan, tauge, kangkung dan emping. Dengan harga 12 ribu- 20 ribu.
-Soto Belitung yaitu
soto yang dimakan menggunakan ketupat dengan campuran kuah dengan bumbu khas
dan dengan campuran daging, wortel, kol dan bihun. Dengan harga 12 ribu.
-Kinca durian yaitu
campuran kuah durian yang kemudian dimakan menggunakan ketan putih maupun roti
dan di sajikan dalam keadaan dingin. Dengan harga 15 ribu.
*Analisis
SWOT
Analisis SWOT di sini merupakan bagian
dari analisa lingkungan internal yang dapat digunakan untuk menyusun strategi yang
tepat. Berikut ini tabel analisis SWOT
.
SWOT
|
Kedai RARA 165
|
S
|
Tidak
menggunakan zat adiktif, Harga terjangkau, Belum ada pesaing yang menjual
menu dengan jenis sama di daerah tersebut, cita rasa khas, sudah ada SOP
produksi.
|
W
|
Sulit untuk mengenalkan
produk tersebut, Lahan parkir kurang luas, SDM masih terlalu sedikit.
|
O
|
Dekat dengan
lapangan tenis,lapangan bola, masjid dan gereja serta kantor litbang
pertanian sehingga sering mendapatkan pesanan terutama dari masjid, gereja
dan kantor litbang pertanian.
|
T
|
Kompetitor
saat sore hingga malam mulai banyak walaupun menjual produk berbeda, harga
sewa lapak yang suatu saat bisa naik.
|
Tabel 3.1 Analisis SWOT
2.
Aspek
Pemasaran
Target
pasar dari kedai RARA 165 ini sendiri adalah untuk wilayah Pasar Minggu Jakarta
Selatan termasuk untuk pengantaran orderan atau pesanan. Kedai RARA 165 ini
menerima pesanan biasanya dari masjid, acara pengajian, gereja, dan acara
kantor. Pesaing utama dari kedai ini adalah warung makan pecel ayam dan
tongseng disekitar kedai tersebut yang buka saat sore hingga malam hari.
Dalam
mempromosikan produk dan kedainya, sang pemilik menempuh beberapa langkah yaitu
dengan:
1. Melalui
sosial media yaitu instagram dengan username @kedairara165
2. Melalui
bagi-bagi nasi jumat gratis yang bisa diambil setiap habis sholat jumat bebas
untuk siapa saja.
3. Mencari
relasi-relasi di setiap komunitas dan organisasi yang berada di sekitar kedai
tersebut supaya setiap ada acara bisa melakukan pemesanan.
4. Membuat
spanduk dan banner yang banyak dan berwarna cerah.
5. Sedang
dalam tahap pendaftaran ke gofood dan juga grabfood.
Dalam
rencana mengembangkan usaha nya, sang pemilik juga terus melakukan evaluasi terhadap SDM yang ada dan juga
melakukan pembaharuan menu-menu tambahan yang ada seperti minuman dan juga
cemilan.
3. Aspek
Teknik dan Teknologi
Apek
teknik dan teknologi ini mencakup beberapa aspek, yaitu:
-Aspek
lokasi
-Jenis
mesin dan peralatan produksi
-Tata
letak pabrik
Jenis
mesin yang digunakan:
Terdapat
beberapa mesin dan alat yang digunakan yaitu, mesin kasir untuk melakukan
pembayaran dan juga pendataan semua uang
yang masuk dan keluar hari itu. Terdapat kulkas dan freezer juga yang digunakan
untuk menyimpan bahan-bahan kinca durian dan juga bahan-bahan untuk minuman
lainnya. Terdapat blender yang digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu yang
diperlukan.
Tata
Letak Kedai RARA 165


4. Analisis
Dampak Lingkungan
Kedai
RARA 165 ini dalam kegiatan produksinya sehari-hari menghasilkan sampah sisa
produksi yaitu seperti limbah air karena sisa pencucian bahan-bahan yang
diperlukan, sisa potongan bahan yang diperlukan, dan juga sisa minyak goring
dari hasil penggorengan bahan yang diperlukan dan juga produk tambahan lainnya.
Sampah sisa makanan yang dihasilkan dalam sehari bisa mencapai 1 kantong besar trash bag. Dalam menanggulangi sampah
keseluruhan hasil produksi, kedai RARA ini menanganinya dengan berlangganan
petugas bersih-bersih daerah pasar minggu setiap harinya. Dengan sistem petugas
sampah tersebut mengambil sampah yang ada setiap paginya. Jadi seluruh kegiatan
produksi kedai RARA ini tidak ada yang merusak lingkungan sekitar.
Kesimpulan:
Kedai
RARA 165 ini sudah melakukan berbagai cara untuk mengembangkan usahanya yaitu
antara lain dengan melalui sosial media yaitu instagram dengan username
@kedairara165, melalui bagi-bagi nasi jumat gratis yang bisa diambil setiap
habis sholat jumat bebas untuk siapa saja, mencari relasi-relasi di setiap
komunitas dan organisasi yang berada di sekitar kedai tersebut supaya setiap
ada acara bisa melakukan pemesanan, membuat spanduk dan banner yang banyak dan
berwarna cerah, sedang dalam tahap pendaftaran ke gofood dan juga grabfood.
Pemilihan membuka usaha ini pun juga sudah jelas karena sang pemilik merasa
perlu mengenalkan masakan tradisional khas Bangka Belitung dan juga memang
karena belum ada yang menjual makanan seperti ini di daerah pasar minggu.
Saran:
Kedai
RARA 165 ini sebaiknya lebih membuat kedainya memiliki kesan terbuka karena
kondisi sekarang masih terdapat banyak sisi kedai yang tertutup oleh tembok,
Sebaiknya para SDM yang ada menggunakan pakaian yang menarik dan juga seragam
agar lebih menarik perhatian pelanggan yang mau datang
Komentar
Posting Komentar