KASUS PELANGGARAN ETIKA PROFESI YANG SAYA ALAMI
Dibuat Oleh: Raditya Akbar Meisargi
Pagi ini saya mengalami kejadian
yang merugikan yang berkaitan dengan aplikasi online pemesanan makanan.
Kejadian tersebut terjadi saat saya sedang memesan makanan melalui aplikasi
online dengan melakukan pembayaran non tunai untuk pemesanan di restaurant fast
food.
Setelah orderan saya pesan dan saldo
non tunai saya sudah terpotong, tapi ada kejadian yang aneh yaitu driver yang
mengambil orderan saya tidak berpindah dari titik map awal dia selama beberapa
menit dan saya pun sudah mencoba untuk menghubungi melalui telfon dan fitur
chat yang ada di aplikasi namun tidak ada respond sampai beberapa menit.
Kemudian dia merespond chat saya dengan kata-kata “tunggu sebentar ya mas”.
Saya pun akhirnya menunggu layaknya seseorang yang sedang menunggu pesanannya.
Lama-lama muncul lah pemberitahuan kalau si driver
sudah menerima pesanan saya dari restaurant. Namun yang membuat saya heran
adalah si driver ini mengarah ke arah
yang berlawanan dari arah menuju rumah saya dan saya pun masih belum curiga
karena memang jalur itu bias mengarah kerumah saya walaupun lebih memutar.
Setelah 5-10 menit menunggu dan saya
cek aplikasi saya ternyata sang driver menuju
kearah yang semakin jauh dari rumah saya. Saya pun mencoba terus menghubungi
dia melalui semua akses yang bisa dilakukan termasuk whatsapp . Mengetahui tak ada balasan dan tiba-tiba muncul
pemberitahuan kalau pesanan sudah di antar dan sudah diselesaikan dengan
keadaan saldo OVO saya sudah
dipotong. Maka akhirnya saya mencoba menghubungi customer service aplikasi online tersebut dan mereka pun menanyakan tentang identitas
saya dan juga tentang identitas driver serta
waktu pemesanan. Akhirnya pihak aplikasi online tersebut pun mengembalikan saldo
saya sesuai dengan jumlah orderan dan berjanji akan melakukan tindakan tegas
terhadap driver.
MASALAH
ETIKA PROFESINYA ADALAH:
Saat saya share tentang kejadian
yang saya alami ternyata banyak juga yang pernah mengalami kejadian serupa, dan
memang masih banyak oknum yang kadang memanfaatkan keadaan yang ada yang dapat
merugikan pelanggan dan mengurangi rasa kepercayaan terhadap platform tersebut. Langkah yang harus
diambil dalam situasi seperti ini yaitu melaporkan kepada pihak aplikasi online
tersebut. Langkah pencegahannya dan penanganannya yaitu dengan melakukan screenshoot profil driver.
DEMIKIAN
SHARING SAYA KALI INI, SEMOGA DAPAT DIJADIKAN PELAJARAN.
RADIT.
3-11-2019
Komentar
Posting Komentar