KASUS PELANGGARAN ETIKA PROFESI YANG SAYA ALAMI
Dibuat Oleh: Raditya Akbar Meisargi
            Pagi ini saya mengalami kejadian yang merugikan yang berkaitan dengan aplikasi online pemesanan makanan. Kejadian tersebut terjadi saat saya sedang memesan makanan melalui aplikasi online dengan melakukan pembayaran non tunai untuk pemesanan di restaurant fast food.

            Setelah orderan saya pesan dan saldo non tunai saya sudah terpotong, tapi ada kejadian yang aneh yaitu driver yang mengambil orderan saya tidak berpindah dari titik map awal dia selama beberapa menit dan saya pun sudah mencoba untuk menghubungi melalui telfon dan fitur chat yang ada di aplikasi namun tidak ada respond sampai beberapa menit. Kemudian dia merespond chat saya dengan kata-kata “tunggu sebentar ya mas”. Saya pun akhirnya menunggu layaknya seseorang yang sedang menunggu pesanannya. Lama-lama muncul lah pemberitahuan kalau si driver sudah menerima pesanan saya dari restaurant. Namun yang membuat saya heran adalah si driver ini mengarah ke arah yang berlawanan dari arah menuju rumah saya dan saya pun masih belum curiga karena memang jalur itu bias mengarah kerumah saya walaupun lebih memutar.

            Setelah 5-10 menit menunggu dan saya cek aplikasi saya ternyata sang driver menuju kearah yang semakin jauh dari rumah saya. Saya pun mencoba terus menghubungi dia melalui semua akses yang bisa dilakukan termasuk whatsapp . Mengetahui tak ada balasan dan tiba-tiba muncul pemberitahuan kalau pesanan sudah di antar dan sudah diselesaikan dengan keadaan saldo OVO saya sudah dipotong. Maka akhirnya saya mencoba menghubungi customer service aplikasi online tersebut  dan mereka pun menanyakan tentang identitas saya dan juga tentang identitas driver serta waktu pemesanan. Akhirnya pihak aplikasi online tersebut pun mengembalikan saldo saya sesuai dengan jumlah orderan dan berjanji akan melakukan tindakan tegas terhadap driver.

MASALAH ETIKA PROFESINYA ADALAH:
            Saat saya share tentang kejadian yang saya alami ternyata banyak juga yang pernah mengalami kejadian serupa, dan memang masih banyak oknum yang kadang memanfaatkan keadaan yang ada yang dapat merugikan pelanggan dan mengurangi rasa kepercayaan terhadap platform tersebut. Langkah yang harus diambil dalam situasi seperti ini yaitu melaporkan kepada pihak aplikasi online tersebut. Langkah pencegahannya dan penanganannya yaitu dengan melakukan screenshoot profil driver.
DEMIKIAN SHARING SAYA KALI INI, SEMOGA DAPAT DIJADIKAN PELAJARAN.
RADIT.
3-11-2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPAYA MENGATASI PELANGGARAN ETIKA PROFESI GURU